Apa Itu Kaos Oblong? Pengertian Kaos Oblong Adalah

Kaos Oblong Polos Warna Putih

Buat kamu yang setiap hari menggunakan kaos tentu saja sudah gak asing dengan yang namanya kaos oblong. Tapi tahukah kamu, apa itu kaos oblong? Nah pada kesempatan kali ini kita bakalan membahas tuntas mengenai kaos oblong ini.

Pengertian Kaos Oblong

Kaos oblong adalah jenis baju yang terbuat dari bahan katun atau campuran katun poliester. Baju ini tidak memiliki kancing dan memiliki desain berbentuk T sehingga kadang sering disebut juga dengan istilah t-shirt. Kaos oblong umumnya memiliki model kerah berbentuk O namun ada juga yang berbentuk V dan U neck.

Model kaos oblong biasanya polosan dengan lengan pendek hingga siku. Namun begitu ada juga kaos oblong yang juga disablon dengan gambar tertentu agar terlihat menarik.

Perbedaan Kaos Oblong Pria Dengan Wanita

Perbedaan Kaos Oblong Pria Dan Wanita

Walau pada dasarnya kaos bersifat unisex dan dapat dipakai oleh pria ataupun wanita, namun begitu beberapa kaos oblong ada yang dirancang khusus untuk pria saja dan ada yang dirancang khusus untuk wanita.

Kaos oblong pria dipotong dan dijahit lurus dari atas ke bawah tanpa lekukan, sedangkan kaos oblong wanita dipotong dan dijahit dengan bentuk lekukan, sehingga memberi kesan fit. Wanita memiliki bentuk tubuh yang curvy sehingga kaus mereka dijahit lurus dari atas dan kemudian melengkung ke dalam dari pinggang. Selain itu kaos oblong wanita juga biasanya memberikan ruang lebih pada bagian dada.

Jenis Jenis Kerah Pada Kaos Oblong

Sebelum kamu berencana untuk membeli kaos oblong polos, distro atau apapun itu, ada baiknya jika kamu kenali dulu jenis jenis kerah yang ada pada kaos oblong.

1. Kaos Oblong O-Neck

Kaos Oblong Distro Kerah O-Neck
Gambar Kaos Oblong Distro Kerah O-Neck

Seperti namanya kaos oblong O-Neck memiliki model kerah berbentuk O. Kaos ini cukup banyak peminatnya karena dapat dipakai oleh siapapun. Kerah O-Neck termasuk jenis kerah yang paling umum kamu temukan pada hampir semua kaos.

2. Kaos Oblong Y-Neck

kaos oblong kerah Y-Neck
Gambar kaos Oblong Kerah Y-Neck

Y-Neck adalah jenis kaos oblong dengan kerah yang berbentuk huruf Y. Pada umumnya kamu bakalan menemukan tipe kaos ini pada kaos polo. Mengapa disebut kerah Y-Neck? Hal ini karena kaos ini memiliki bentuk kerah V-neck dengan tambahan kancing pada bagian bawah. Sehingga jika dilihat sekilas mirip dengan huruf Y.

3. Kaos Oblong U-Neck

kaos oblong kerah u-neck

Kaos oblong U-Neck memiliki bentuk kerah mirip huruf U. Biasanya model kerah ini dibuat untuk proses pembuatan kaos oblong wanita.

4. Kaos Oblong V-Neck

Kaos Oblong Polos V-Neck
Gambar Kaos Oblong Polos Kerah V-Neck

V-Neck adalah jenis kaos dengan tipe kerah mirip huruf V. Bentuk V pada kerah ini memiliki dua ribs yang menyatu pada bagian dada atas. Untuk sudut pertemuannya sangat beragam sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen.

Bahan Kaos Oblong

Kita semua tahu bahwa kaos oblong adalah jenis kaos yang cukup adem dan nyaman ketika dipakai. Tentu mungkin kamu bertanya tanya apa sih bahan kaos oblong terbaik yang sering digunakan tempat bikin kaos di jogja

1. Cotton Combed

Bahan katun combed adalah salah satu bahan paling umum yang sering digunakan oleh vendor kaos dalam membuat kaos. Bahan cotton combed adalah jenis bahan yang telah mengalami proses penyisiran (combed) terlebih dahulu sebelum dipintal menjadi gulungan benang.

Cotton Combed memiliki tingkat gramasi 20s, 24s, 30s bahkan ada yang 40s kamu bisa pelajari lebih lanjut mengenai perbedaan gramasi ini di sini. Bahan ini cukup nyaman digunakan dalam jangka panjang. Selain itu bahan ini cukup awet dan tahan lama jika penyimpanannya benar.

2. Cotton Carded

Bahan cotton carded adalah jenis bahan yang diperoleh melalui proses carding (Penggarukkan) untuk menghasilkan benang. Jenis bahan ini cenderung lebih kasar, terdapat bintik kecil, berbulu dan berbiji. Dari segi kualitas lebih rendah dari cotton combed namun harganya jauh lebih murah ketimbang cotton combed

3. Polyester

Polyester adalah jenis bahan alternatif pengganti katun yang murah. Bahan polyester adalah bahan serat sintetis yang terbuat dari proses pengolahan minyak bumi. Bahan ini cenderung panas dan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga dalam pembuatan kaos oblong sering dicampur dengan bahan lain seperti katun.

Tips Memilih Dan Menggunakan Kaos Oblong

Kaos Oblong Oversize Style
Gambar Kaos Oblong Oversize Style

Kaos oblong selalu menjadi pilihan populer bagi kebanyakan orang terutama kaum muda. Namun begitu terkadang memilih jenis kaos oblong bisa menjadi begitu sulit. Terutama ketika kita harus memilih kaos sesuai bentuk tubuh, desain, pertimbangan harga, dan lain sebagainya.

Untuk itu berikut kami berikan beberapa tips mudah dalam menggunakan ataupun memilih kaos oblong.

  1. Pilih warna kaos yang cocok dengan warna kulit kamu. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit sawo matang kamu bisa coba warna kaos oblong seperti: warna putih, warna abu abu, merah, hijau, kuning mustard dan pink. Kamu bisa cek artikel kami yang berjudul warna kaos yang cocok untuk kulit sawo matang berikut.
  2. Tentukan ukuran dan model kaos yang membuatmu nyaman.
  3. Pilih bahan kaos oblong yang adem dan dapat menyerap keringat dengan baik.
  4. Jika kamu memiliki tubuh tinggi, kamu bisa memilih kaos oblong dengan model slimfit.
  5. Untuk kamu yang bertubuh pendek hindari menggunakan kaos berukuran besar / oversize karena dapat membuatmu tampak tenggelam.

Cari Tempat Bikin Kaos Oblong Terbaik Di Jogja? Buat Di Sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published.