Jenis Jenis Sablon Baju Yang Perlu Kamu Tahu

Proses Sablon Pada Baju Kaos

Pengertian Sablon dan Jenis Jenis Sablon

Jenis Jenis Sablon – Jika Anda sering menggunakan baju yang menggunakan sablon, pernahkan Anda berpikir bagaimana proses penyablonan pada baju tersebut dan apa saja jenisnya? Sablon atau yang sering dikenal dengan istilah screen printing adalah sebuah teknik atau cara untuk mengaplikasikan sebuah gambar ke material cetak, dalam hal ini pada media kaos atau jaket.

Proses sablon sendiri merupakan teknik yang relatif mudah dilakukan dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Pada artikel kali ini Ozza Konveksi akan membahas tentang jenis-jenis sablon sebagai pengetahuan tambahan. Jadi seperti apakah jenis-jenis dan prosesnya? Simak ulasan kami berikut ini.

Jenis Jenis Sablon dan Kualitasnya

Dalam dunia fashion, distro, garment maupun konveksi ada begitu banyak teknik serta jenis jenis sablon kaos yang digunakan di pasaran. Berikut ini kami rangkum beberapa jenis jenis sablon terbaik yang sering digunakan :

Sablon Rubber

Jenis jenis sablon rubber
Sumber Gambar : pusatkonveksi.com

Rubber merupakan salah satu jenis sablon yang sering digunakan. Sablon rubber cocok digunakan untuk kaos dengan dasar warna terang maupun gelap hal ini dikarenakan sablon rubber memiliki tingkat rekatan yang cukup baik pada bahan kaos. Sifatnya yang elastis membuat sablon jenis ini menjadi salah satu jenis sablon terbaik, serta termasuk bahan tinta yang paling murah harganya.

Sablon Plastisol

Jenis jenis sablon plastisol
Sumber Gambar : nvnkonveksi.com

Plastisol cukup populer digunakan dalam industri garment dan konveksi hal ini dikarenakan plastisol dapat menghasilkan warna yang cukup jernih dan juga cerah. Plastisol juga memiliki kemampuan untuk mecetak dot ukuran kecil dengan kualitas prima. Kelemahannya hanyalah sablon plastisol tidak tahan panas sehingga tidak disarankan untuk menyetrika baju pada bagian yang memiliki sablon.

Sablon DTG (Direct To Garment)

DTG Printing
Sumber Gambar : terminalkaos.com

DTG (direct to garment) atau yang lebih kita kenal dengan Printing DTG merupakan teknik sablon menggunakan mesin printing layaknya printing pada kertas. Karena menggunakan printer, tidak ada batasan warna untuk kaos yang akan dibuat. Selain itu kelebihan lainnya adalah anda bisa membuat kaos sablon secara satuan.

Sablon Polyflex

Jenis sablon polyflex
Sumber Gambar : Porinto.com

Sablon polyflex menggunakan material yang mirip dengan sticker vinyl dan memiliki hasil cetakan warna yang terang, mendetail, awet serta juga tahan lama. Kelemahan sablon polyflex adalah tidak dapat digunakan untuk mencetak warna gradasi dan juga tidak tahan terhadap panas sehingga tidak dapat disetrika secara langsung.

Sablon Discharge

Kaos Dengan Sablon Discahrge
Sumber Gambar : Teespro.id

Discharge adalah cat yang memiliki kemampuan untuk menipiskan atau menghilangkan warna dasar baju kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai dengan kebutuhan. Tinta sablon discharge merupakan hasil gabungan tinta superwhite dengan bubuk / binder pendukung khusus yang diformulasikan untuk menonaktifkan zat warna yang digunakan pada kain alami.

Kelemahannya adalah sablon discharge tidak dapat diterapkan pada semua bahan kaos. Tinta Discharge lebih cocok digunakan pada kaos berbahan katun berwarna hitam atau biru navy dan kurang cocok digunakan pada kaos dengan bahan polyester.

Sablon Superwhite

Sablon Tinta Superwhite
Sumber Gambar : Alostestudio.blogspot.com

Tinta sablon superwhite cukup populer dikalangan distro dan kebanyakan digunakan untuk kaos dengan desain retro atau vintage. Hal ini dikarenakan hasil cetakan warnanya cenderung agak pudar / tidak terlalu terang. Kelebihan tinta superwhite adalah sablon ini memiliki tingkat keawetan yang tinggi dan aman untuk proses cuci dengan metode apa pun.

Gambar sablon juga tidak mudah rusak bahkan masih bisa disetrika diatas gambarnya. Hal ini dikarenakan berbeda dengan rubber yang berbahan dasar seperti karet, sablon superwhite menggunakan bahan dasar air sehingga tinta lebih menyerap kedalam serat benang dan menyatu dengan baju.

Kelemahan superwhite adalah harga tintanya lebih mahal dari beberapa jenis sablon lainnya seperti plastisol, rubber ataupun polyflex. Selain itu tinta superwhite lebih cepat kering sehingga kemungkinan lebih banyak reject jika disablon dalam jumlah banyak.

Berapa Biaya Sablon Kaos ?

Setelah mengetahui jenis-jenis sablon, lalu berapa harga sablon kaos saat ini? Harga sablon sangat bervariasi, tergantung kebijakan dari masing-masing percetakan. Pada umumnya, harga standar sablon berkisar Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000 (dengan membawa kaos sendiri). Sementara, jasa sablon pada industri konveksi / garment rata-rata Rp. 50.000 per buah.  Berikut informasi terbaru rata-rata harga sablon kaos di pasaran.

Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan Unduh Price List Pembuatan Kaos Sablon dibawah ini :

Demikian pembahasan kami tentang jenis jenis sablon yang ada dipasaran, bagi anda yang sedang ingin membuat baju sablon dalam jumlah besar silahkan hubungi Ozza Konveksi sekarang juga ! Perusahaan kami selain mengerjakan beragam produk kaos juga melayani pembuatan jaket, hoodie, jas / almameter, kemeja, seragam, topi hingga Tote Bag dengan harga murah dan terjangkau.

No Telp :  0274-4438593
SMS / Whatsapp :  0896-1577-2461
Email : ozzakonveksi@yahoo.com
Alamat : Jl. Depokan II, Peleman RT 32 / RW 10, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta

Cek Juga Produk Kami Di Sini : Produk Kami
Lihat Disini Klien Kami yang pernah bekerja sama dengan Ozza Konveksi

2 thoughts on “Jenis Jenis Sablon Baju Yang Perlu Kamu Tahu”

  1. Pingback: Apakah Kaos Polo Bisa Di Sablon ? Temukan Jawabannya Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *