Perbedaan Sablon DTG Dan DTF

Perbedaan Sablon DTG Dan DTF

Halo sobat bikinkaosjogja.net! Pernah kepikiran gak sih kalo sablon kaos itu ada banyak jenisnya? Dan salah satu jenis sablon kaos yang sering dipakai oleh vendor kaos adalah sablon DTG dan DTF. Lalu, apa perbedaan antara sablon DTG dengan DTF? Simak ulasan kami sampai habis!

Apa Itu Sablon DTG?

Sablon kaos DTG

Sablon DTG adalah teknik sablon secara digital menggunakan mesin printer untuk langsung mencetak sablon / tinta ke media kaos yang akan dicetak. Kepanjangan DTG adalah direct to garment karena memang tinta dicetak langsung ke garmen menggunakan mesin printer layaknya mencetak kertas.

Supaya kualitas warna tidak berubah, kaos harus dikeringkan dengan hotgun setelah pencetakan selesai. Hasil sablon biasanya diberikan Epoxy sehingga tinta semakin menempel kuat.

Apakah Sablon DTG Bisa Luntur?

Kebanyakan sablon digital hanya menempelkan tinta pada permukaan kain. Namun, tidak halnya dengan sablon DTG yang mampu menyerap hingga ke dalam serat kain sehingga kaos yang dicetak menggunakan sablon DTG tidak mudah luntur.

Apa Itu Sablon DTF?

Kaos Sablon DTF

Sablon DTF adalah proses mentransfer cetakan ke kain atau substrat lainnya dengan menggunakan mekanisme heat-press. Tidak seperti metode sablon DTG, yang hanya berfungsi pada kain katun, metode DTF Printer dapat bekerja pada campuran katun dan kain berbahan poliester.

Teknik sablon ini mirip dengn teknik sablon menggunakan kertas transfer. Perbedaannya adalah proses mencetak kaos menggunakan kertas film yang telah ditaburi dengan bubuk lem kemudian tinta akan dilelehkan menggunakan hotgun kemudian dilanjutkan dengan proses press pada mesin press.

Apa Bedanya Sablon DTG Dan DTF ?

Perbedaan sablon dtg dan dtf bisa terlihat dari teknik sablonnya. Sablon DTG adalah teknik mencetak kaos menggunakan mesin printer seperti halnya kamu ngeprint kertas. Sedangkan sablon DTF adalah teknik sablon menggunakan film yang dipress pada permukaan kain / kaos layaknya stiker.

Kelebihan Dan Kekurangan Sablon DTG Dan DTF

Setiap jenis sablon sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Apbila kamu berencana bikin kaos sendiri, ada baiknya jika kamu mengetahui keunggulan dan kekurangan dari masing masing jenis sablon.

Kelebihan Sablon DTG

  1. Sangat cocok untuk mencetak desain gambar yang colorful
  2. Proses sablon relatif cepat
  3. hasil cetakan lebih halus
  4. Cocok untuk usaha bikin kaos satuan / jumlah sedikit
  5. Tinta tidak mudah luntur

Kekurangan Sablon DTG

  1. Ukuran cetak terbatas. Karena ukuran printer yang terbatas sehingga sablon DTG lebih cocok diterapkan pada kaos.
  2. Hanya cocok untuk kain berbahan 100% katun.
  3. Tidak cocok untuk pencetakan skala besar (jumlah ribuan)
  4. Harga printer lumayan mahal.

Kelebihan Sablon DTF

  1. Dapat digunakan pada hampir semua bahan atau kain asalkan tahan panas (cotton combed, TC, polyester, kanvas, dll)
  2. Memiliki ketahanan yang baik saat pencucian.
  3. Prosesnya lebih cepat daripada metode pencetakan lainnya, seperti DTG.
  4. Hasil sablon kuat dan bagus
  5. Cocok untuk sablon kuantiti kecil
  6. Sangat cocok untuk mencetak gambar dengan desain gradasi / colorful.
  7. Tidak mudah luntur dan rusak

Kekurangan Sablon DTF

  1. Area cetak terbatas pada luas kertas
  2. Jika sablon gagal akan sulit dihapus.
  3. Mudah berkerut apabila terkena panas setrika secara langsung.
  4. Biaya mesin DTF lumayan mahal.
  5. Cost produksi lebih mahal
  6. Tidak cocok untuk pencetakan dalam skala besar

Perbedaan Sablon Manual Dan Digital

DTG dan DTF termasuk kedalam sablon digital hal ini karena keduanya menggunakan media komputer dan printer dalam menerapkan tinta pada kain. Sedangkan sablon manual adalah teknik tertua dalam proses pencetakan yang menggunakan screen sebagai media mencetak.

Tentunya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sablon manual memiliki keunggulan dalam hal ketahanan serta biaya yang lebih murah apabila mencetak kaos dalam jumlah besar. Sedangkan sablon digital walaupun mahal namun cocok untuk jumlah pencetakan yang lebih sedikit.

Selain itu pengerjaan sablon manual cenderung lebih rumit dan memakan waktu ketimbang sablon digital.

Baca Juga: Jenis Metode Sablon Kaos Terbaik Untuk Jumlah Pesanan Besar

Apa Keunggulan Dari Sablon Kaos Digital?

Wanita menggunakan kaos sablon dtg

Sablon kaos digital memiliki keunggulan dari segi efisiensi waktu dan biaya. Apabila kamu berencana membuat kaos dalam jumlah sedikit, maka disarankan untuk menggunakan sablon digital (DTG, DTF / Polyflex).

Keunggulan lainnya dari sablon kaos digital adalah kamu bisa mencetak kaos dengan gambar yang colorful. Walaupun sebenarnya sablon manual juga bisa melakukannya, tapi memakan proses yang lama karena setiap warna memakai screen yang berbeda.

Saat ini kualitas sablon digital sudah bagus dan juga kuat layaknya sablon mnual biasa. Hal ini tergantung dari kualitas tinta serta kain yang dipakai. Perbedaan kualitas sablon dtg dan dtf tidak terlalu berbeda, jadi kamu bisa memilih mana yang kamu suka.

Lalu, BikinKaosJogja.net Pakai Yang Mana?

Sebagi vendor kaos kami tentu saja menggunakan teknik sablon manual dan digital tergantung dari jumlah pesanan serta tingkat kerumitan desain. Kami biasanya menggunakan DTF untuk desain gambar yang rumit dan colorful serta jumlah yang lebih sedikit. Sedangkan untuk pesanan konsumen yang jumlahnya besar maka lebih efisien menggunakan teknik sablon manual.

Tertarik Untuk Bikin Kaos Sablon Keren? Buat Disini!

Baca Juga: Perbedaan Sablon Discharge Vs Plastisol (Mana Yang lebih Baik)

Leave a Comment

Your email address will not be published.